Monday, November 12, 2007

Listrik takut hujan

Sudah beberapa hari ini Indonesia diguyur hujan. Hampir seluruh wilayah Indonesia disiram hujam dalam waktu yang bersamaan. Hujan adalah rahmat Allah yang memberi manfaat besar bagi makhluk hidup di dunia ini. Oleh kerena itu kita dituntun untuk berdoa kepada Allah agar hujan yang yg turun memberikan rahmat dan manfaat yang besar.
Namun, lain cerita di Indonesia, hampir setiap kali musim hujan turun selalu diiringi dengan kejadian 'mati lampu mendadak'. Entah apa penyebabnya. Terlebih lagi 'kejadian' itu tidak ada penjelasan informasi apa penyebabnya dari PLN. Sehingga banyak orang yg jengkel dengan kejadian itu dan warga menjadi banyak mengeluh.
Peristiwa ini seolah menjadi suatu fenomena yang 'otomatis' terjadi di setiap kali hujan turun. Hujan turun, lalu diikuti dengan padamnya listrik. Seakan-akan listrik takut sama air.
Sebagai mahasiswa, hal ini sangat merugikan. Banyak hal yg menyangkut studi menjadi tertunda karena padamnya listrik ketika hujan turun. Ketika negara lain menjadikan sampah sebagai bahan alternatif pembangkit tenaga listrik, maka Indonesia menjadikan sampah sebagai masalah lainnya yg belum terselesaikan. Para pelajar dan mahasiswa harus kembali bernostalgia ke zaman nenek moyang mereka yang hidup tanpa listrik di setiap musim hujan datang. Sehingga perkembangan bukanlah maju kedepan, tapi mundur dulu kemudian baru maju lagi, atau dapat dikatakan perkembangan maju mundur.
Listrik, sepele didengar dan disebut, tapi terlalu banyak manfaat yang dirugikan ketika 'ia' tak ada. Zaman Nabi Muhammad dulu, sama sekali tidak ada listrik. Mereka cuma bermodal cahaya api di obor-obor mereka yang menyala berani untuk melawan orang-orang pengganggu Islam. Namun kenyataannya Islam jaya saat itu. Nah, seharusya pada zaman sekarang ini yang cahaya bukanlah lagi dari api bisa menjadikan suatu negara lebih maju dan jaya. Artinya, zaman Nabi saja yg demikian, bisa mejadikan Islam membangun sistem pemerintahan/negara yang maju. Apalagi kita!
Semua harus kita jadika renungan. Keimanan orang-orang terdahulu sangatlah tinggi, sehingga mereka selalu mendapat pertolongan Allah walaupun tidak ada listrik seperti sekarang ini. Sangatlah mungkin keluhan listrik padam yang dialami oleh bangsa kita saat ini disebabkan oleh lemahnya atau rendahnya iman kaum muslimin, sehingga Allah justru menimpakan musibah dikala diturunkannya hujan yang penuh rahmat dan manfaat.
Ini bisa menjadi koreksi bagi diri kita pribadi masing-masing, bahwa setiap yang menimpa kita asalnya dari Allah semata.

No comments:

Post a Comment